PEMIKIRAN BESAR membahas IDE-IDE. PEMIKIRAN SEDANG membahas PERISTIWA. PEMIKIRAN KECIL membahas ORANG-ORANG.(Tama Sinulingga

Rabu, 03 Juni 2015

Doa untuk Orang Tua

Abi WAGIMIN & Umi SUMINEM

Salah satu bentuk dan cara berbakti kepada orang tua diantaranya adalah dengan mendoakan mereka. Banyak sekali bentuk doa untuk orang tua  kita tercinta yang bisa kita panjatkan. namun diantara sekian banyak jenis doa yang ada. Alloh Subhanahuwata’ala memilih beberapa doa dan meng-abadikannya dalam Al – Qur’an. Para nabi pun telah memberikan contoh yang baik kepada kita semua. dalam hal mendoakan kedua orang tua kita.
Alloh Ta’ala memuat doa-doa para Nabi dalam Al Quran agar hal ini menjadi panutan bagi kaum berikutnya, termasuk kita juga.
Seorang anak hendaknya mendokan segala kebaikan bagi kedua orang tuanya terutama kebaikan bagi kedua orang tua kita diakhirat berupa hidayah agar senantiasa Istiqomah di jalan Islam dan Sunnah. Berikut Doa yang dapat kita panjant kan untuk kedua orang tua kita berdasarkan Al Quran:
رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ
Artinya :
“Tuhanku! ampunilah Aku, ibu bapakku.” (QS. Nuh : 28)
وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا
“Dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”. (QS. Al Isra : 24)
Doa yang lebih mashur dan banyak dikenal dikalangan kita mungkin gabungan dari kedua ayat tersebut yaitu:
اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا
Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.
Maka berdoalah untuk kedua orang tua kita baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat dengan cara sesuai tuntunan Allah dan Rasul-Nya.

0 komentar:

Posting Komentar